Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!

Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu! - Hallo sahabat INFO DAN TIPS, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!
link : Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!

Baca juga


Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!

Pada umumnya, usia kehamilan itu akan dihitung semenjak hari pertama menstruasi terakhir. Kendati kondisi janinnya belum membentuk di dalam rahim, namun hari-hari menstruasi terakhir bunda sudah sanggup dihitung sebagai usia kehamilan ahad pertama. Dengan kata lain, sebetulnya badan bunda sudah siap untuk hamil. Jika bunda sedang dalam agenda hamil, usahakan untuk selalu mencatat kapan tanggal menstruasi pada setiap bulannya. Apabila kesulitan dalam menghitungnya, bunda sanggup memakai pertolongan kalkulator kehamilan.

Selain memeriksakan diri ke dokter kandungan, ternyata para ibu hamil juga sanggup menghitung sendiri berapa usang usia kehamilannya lho. Ya, caranya pun terbilang cukup simple, dimana bunda sanggup menghitungnya dengan memakai kalkulator kehamilan manual yang menurut perhitungan kalender. Namun, bunda juga wajib mengetahui terlebih dulu mengenai kapan menstruasi terakhirnya. Oleh lantaran itu, bunda harus mengingat-ngingat lagi kapan tanggal pertama menstruasi terakhirnya dimulai. Pasalnya, hari pertama pada periode menstruasi terakhir itulah yang akan dijadikan sebagai hari pertama dari usia kehamilan bunda.

Pada usia kehamilan itu kemungkinannya sekitar 2 ahad sebelum terjadi proses pembuahan. Itu sebabnya, mengapa tak sedikit dari para ibu hamil yang bertanya-tanya, mengapa harus 2 minggu? Menurut gosip yang didapat, hal tersebut dikarenakan proses pembuahan pada umumnya akan terjadi sekitar 2 minggu, atau pada hari 11 – 21 setelah hari pertama menstruasi terakhir bunda. Selain itu, usia kehamilan juga biasanya akan berlangsung selama 40 ahad atau sekitar 280 hari sampai proses persalinan.

Perbedaan Usia Kandungan Dengan Usia Janin


Perlu bunda ketahui, bahwa usia kehamilan itu tidak akan sama dengan usia janin. Ya, lain halnya dengan usia kehamilan, dimana usia janin ini cenderung lebih sulit diprediksi. Usia kehamilan merupakan masa semenjak terjadinya pembuahan. Namun sayangnya, proses pembuahan ini tidak sanggup diketahui secara niscaya kapan terjadinya. Dalam hal ini, biasanya dokter kandungan hanya akan mengira-ngira usia janin yang menurut usia kehamilan bunda.

Tanggal Menstruasi Terakhir + 7 Hari – 3 Bulan + 1 Tahun


Contohnya, apabila di hari pertama menstruasi terakhir bunda yaitu 10 Desember 2018, maka cara menghitungnya ibarat di bawah ini:

* 10 (hari menstruasi terakhir) + 7 hari = 17

* 12 (bulan menstruasi terakhir, dalam misalnya bulan ke – 12 / Desember) – 3 bulan = 9 (bulan 2019)

* 2018 (tahun menstruasi terakhir) + 1 tahun = 2019

Dalam perhitungan tersebut akan menghasilkan tanggal asumsi lahir pada 17 September 2019.

Akan tetapi, perhitungan ini hanya sebatas asumsi saja dan belum tentu bayi bunda akan lahir di tanggal tersebut. Pasalnya, tingkat keakuratan dari hasil perhitungan yang diatas tadi hanyalah sebesar 5 % saja. Dengan kata lain, bayi bunda sanggup lahir sebelum maupun setelah tanggal yang diperkirakan.

Dalam memastikan tanggal asumsi lahir, para dokter kandungan biasanya akan memakai metode lain ibarat investigasi USG pada trimester pertama. Jika diperlukan, maka dokter kandungan pun akan melaksanakan investigasi fisik pada bunda.

Meskipun tidak akurat, namun kalkulator kehamilan ini setidaknya telah memperlihatkan sedikit gosip mengenai usia kehamilan.

Pada intinya, bunda akan mengalami kesulitan dalam menghitung saat lupa perihal kapan terakhir mengalami periode tersebut. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi bunda untuk pergi ke dokter supaya dilakukan investigasi USG yang lebih akurat.


Demikianlah Artikel Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu!

Sekianlah artikel Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Seberapa Pentingkah Manfaat Kalkulator Kehamilan Untuk Ibu Hamil? Yuk, Kita Cari Tahu! dengan alamat link https://wallaper-car-mitra.blogspot.com/2000/04/seberapa-pentingkah-manfaat-kalkulator.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel